Google Doodle Hari Ini, Dokter Wanita Pertama Di Indonesia


Kalian sadar tidak sih jika Google Doodle adalah tidak benar satu wujud agenda peringatan tiap masing-masing negara? Sosok dokter perempuan yang sedang menggendong bayi mungil mewarnai laman pencarian Google hari ini, Rabu (17/2). Dia adalah Marie Thomas, dokter perempuan pertama di Indonesia. Google merayakan kembali th. Marie yang lahir di Minahasa, Sulawesi Utara terhadap 17 Februari 1896. Dia menjadi perempuan pertama di Indonesia yang menjadi seorang dokter.

Walaupun saudaranya banyak yang menyukai perjudian seperti terhadap sbobet login, namun hal selanjutnya tak mempengaruhinya bertekun dunia medis. Tak hanya itu, Marie juga dianggap sebagai dokter pertama di Indonesia yang bertekun bidang obstetri dan ginekologi. Mengutip berbagai sumber, dia juga diketahui fokus di dalam bidang kebidanan. Meskipun Dokter Marie sendiri telah meninggal dikala ia menginjak umur ke 70, namun google selamanya merayakan kembali tahunnya yang terhadap th. ini juga usianya ke 125!

Mengenal Sosok Marie Thomas Yang Menginspirasi

Kalian juga harus tau kalau pendidikan pun termasuk kedalam gaya hidup yang baik karena predikatnya serta hasil dari jenjang karir pun terperngaruh disana. Nah dengan mengikuti cerita semasa hidup dokter Marie Thomas ini kamu bisa belajar bahwa derajatmu akan meningkat juga karena apa yang dapat kamu raih dan kamu hasilkan. Jangan sampai kalian hanya mengikuti zaman yang serba memiliki life style borju, namun berprestasilah agar segalanya tetap seimbang.

Semasa hidupnya, Marie sering harus berhadapan dan beradu dengan laki-laki. Termasuk di antaranya sementara selesaikan pendidikan di Sekolah Pendidikan Dokter Hindia Belanda (STOVIA) yang terhadap mulanya tak terima perempuan sebagai peserta didiknya. Bahkan, sementara mendaftar di sekolah tersebut, Marie menjadi hanya satu siswa perempuan di pada lebih kurang 200 siswa laki-laki. Dua th. berselang setelah Marie mengenyam pendidikan di STOVIA, siswi perempuan merasa berdatangan gara-gara ada pergantian kebijakan.

Marie Thomas mengawali praktek medisnya di tempat tinggal sakit utama di Batavia (Jakarta) yang bernama Centrale Burgerlijke Ziekeninrichting (CBZ) atau yang kini menjadi RS Dr Cipto Mangunkusumo. Dari sana, dia melanjutkan karier dokternya ke sejumlah daerah lain seperti Medan, Sumatera Utara dan Manado, Sulawesi Utara, sampai pada akhirnya kembali ke Batavia dan bekerja di RS Budi Kemuliaan. Selain itu, Marie juga dikenal sebagai dokter pertama yang menangani program Keluarga Berencana (KB) dan alat kontrasepsi yang dipasang di dalam rahim.

Setelah menikah dengan seorang dokter bernama Mohammad Joesoef terhadap 1929, Marie rubah ke Padang, Sumatera Barat dan berpraktik di sana. Dalam perjalanannya, Marie sempat kembali ke Jakarta dan bergabung dengan Partai Persatuan Minahasa. Namun, Marie Thomas kembali bergeser dan pilih menetap di Bukittinggi, Sumatera Barat. Di kota ini-lah, Marie dengan suaminya mendirikan sekolah kebidanan pertama di Sumatera dan ke-2 di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *